Keracunan Susu UHT Kadaluarsa

dampak_manfaat_susu_kadaluarsa_kedelai_ibu_hamil
Apakah anda suka dengan minum susu? mungkin susu cair kemasan uht, kambing etawa, unta atau mungkin anda membuat sendiri susu kedelai. Tapi pernahkah anda minum dan keracunan susu kadaluarsa dan sudah basi atau sudah expired ? Memang untuk yang sudah terbiasa minum susu cair murni uht pastinya akan kurang suka untuk meminum susu kental manis kalengan atau susu bubuk penggemuk badan. 

Karena dari segi rasa dan gurih alami susunya amat sangat berbeda. Lalu pernahkah anda meminum susu cair murni kemasan uht yang sudah kadaluarsa? saya rasa anda akan menjawab "saya belum pernah minum tuh" tapi saya pernah. 

Begini ceritanya, ini adalah cerita nyata yang memang benar-benar terjadi pada saya kira-kira sudah setahun lebih dan hampir setahun setengah. Pada saat itu tepatnya hari jumat sekitar jam 10.00 wib saya baru saja pulang sehabis renang kemudian saya membeli susu cair murni kemasan di sebuah toko atau lebih tepatnya mini market. Susu cair murni kemasan yang saya beli juga adalah susu cair murni uht kemasan dengan merek yang sudah cukup terkenal bisa dikatakan salah satu merek terbesar di Indonesia.

                          Karena saya sudah terbiasa belanja disitu dan tidak pernah ada di pikiran saya toko tersebut akan menjual susu yang sudah kadaluarsa.  Pada saat itu saya tidak memeperhatikan tanggal kadaluarsanya dan setelah saya minum susu tersebut hampir habis karena memang kebetulan ukuran kemasan susunya adalah setengah liter karena saya sangat haus dan lelah sehabis renang setengah liter pun dengan segera mau saya habiskan. 

Setelah hampir habis saya meresakan agak sedikit aneh dengan susu tersebut kemudian saya langsung melihat batas tanggal kadaluarsa pada kemasannya, setelah saya lihat saya langsung kaget!!! ternyata susu tersebut sudah habis masa berlakunya atau sudah kadaluarsa bin expired. Saya langsung panik karena saya berpikiran bahwa saya akan keracunnan karena batas habis masa berlakunya sudah habis sekitar tiga bulan yang lalu. 

Kebetulan di deket situ ada yang jualan es kelapa muda dan segera saya minta air kelapa muda hijau tersebut tanpa es dan buahnya. Konon air kelapa hijau yang masih muda bisa meringankan keracunan makanan atau minuman.

                          Setelah itu, saya langsung mengirimkan e-mail ke customer care dari produk tersebut dan saya juga langsung menghubungi toko tempat saya membeli susu tadi. Sambil membawa struk belanja tadi dan pihak toko pun tidak mengelak bahwa susu tersebut memang tadi beli disini. Sempet saya berpikir juga untuk menuntut toko tersebut karena telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen akan tetapi pada saat itu saya hanya berpikiran bisa selamat saja sudah Alhamdulillah.
                         

                     Setelah sekitar tiga dua puluh menitan saya buka e-mail saya ternyata dari pihak customer service produk susu cair murni kemasan tersebut membalas e-mail dari saya. Dan menyatakan bahwa "apabila mengkonsumsi susu cair murni kemasan yang sudah kadaluarsa itu dampaknya tidak apa-apa" paling-paling danpak yang langsung terasa diantaranya sedikit pusing dan mual serasa mau muntah. 

Karena batas kadaluarsa dari susu cair murni ini adalah batas dimana nutrisi yang terkandung didalamnya akan hilang apabila sudah melewati batas tersebut. Dan selama kemasan susu tersebut masih utuh (tidak terbuka/bocor) dan tidak terkontaminasi udara dari luar kemasan. Karena memang dari kemasan susu tersebut sudah dilapisi bahan-bahan anti bakteri dan sudah teruji secara klinis di laboratorium. Tapi walaupun ini aman kita harus tetap memperhatikan tanggal kadaluarsanya pada saat kita belanja bahan makanan dan minuman kemasan.

                          Setelah membaca semua pesannya saya menjadi sangat lega sekarang. Padahal sebelumnya saya benar-benar merasa sangat ketakutan kalau-kalau nanti saya akan keracunan. Karena saya sudah cari-cari di informasi di Google search engine dengan semua kata kunci yang berhubungan dengan keracunan susu, keracunan susu basi tidak ada satu artikelpun dari website, blog, site forum atau sejenisnya yang berisi mengenai keracunan susu akibat minum susu yang sudah kadaluarsa malahan tembusnya ke cerita-cerita yang berjudul orang mati keracunan susu basi janda tua, dan ini sungguh menjengkelkan. Selain itu juga saya sempet bertanya ke beberapa temen chatting Yahoo! Messenger saya.

Komentar

  1. Terima kasih Bapak Wong Sidareja, telah berbagi pengalaman dampak minum susu uht yang sudah basi atau kadaluarsa nya. Kita memang harus tetap waspada dan selalu melihat tanggal expired/kadaluarsa nya, apalagi menyankut produk susu UHT. Saya pernah melihat di tv, bahwa pedagang susu kedelai mencampur susu kedelainya dengan bahan-bahan yang tidak baik untuk kesehatan. Makanya saya lebih suka untuk mencari resep-resep cara membuat susu kedelai yang baik untuk konsumsi sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bapak, saya juga pernah menontonnya di tv pak mengenai susu kedelai yang di campur dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi konsumen. Dan ini memang membuat kita was-was dan khawatir untuk membeli susu kedelai tidak bermerk yang di jual diluar toko atau supermaket.

      Hapus
  2. Yang harus lebih HATI-HATI adalah saat kita hendak membeli susu formula untuk bayi atau balita kita. Jangan sampai kita memberikan susu formula yang sudah kadaluarsa kepada balita tercinta kita. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita harus selalu hati-hati, waspada dan teliti dalam memberikan susu kepada balita kita.

      Hapus
  3. Bagaimana kalau saya meminum susu basi dan bukan kadaluarsa. Jadi saya meminum susu yang sudah saya buka beberapa hari, sehingga susu tersebut basi. Apakah menyebabkan keracunan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Kenjiro Ladjuardi: Terima kasih atas kunjungannya. Maaf respon saya telat. Susu basi yang anda minum itu bisa bedampak keracunan Pak. Maaf, reaksi seperti apa yang anda rasakan setelah meminum susu basi tersebut..? Meskipun efek dari meminum susu basi tersebut tidak begitu terasa, tetap saja itu sangat tidak baik bagi kesehatan kita, dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Saran saya, sebaiknya anda jangan pernah meminum lagi susu seperti itu.

      Hapus
  4. maaf kakak, kisah saya sama dengan kenjro ladjuardi, tepatnya tadi pagi. saya memium susu yg sudah saya buka 3 hari, awalnya saya biasa aja minum karna tanggal kadaluarsanya okt 2016. saya cuma minnum sedikit, lalu beberapa menit kemudian saya merasa pusing, mual dan merasakan sakit disekujur tubuh. rasanya kyk mau rontok badan saya. saya gatau harus gimana, bisa tolong sarannya?
    awalnya saya kira sakit saya karena kecapean, jadi saya tinggl tidur seharian, sampe sore tiba saya melihat sisa susu yg saya minum tadi berbuih dan tumpah sendirinya. tumpahnya bukan karena gelsnya jatuh ya, tp krna susunya naik berbusa dan meluber gitu.
    ini saya hrus gimana? badan saya masih trasa sangat sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf atas keterlambatan saya merespon komentarnya. Terus terang baru kali ini saya mendengar kejadian seperti ini (susu berbuih, berbusa seperti mengandung soda). Apakah tidak Mba Risna simpan di dalam lemari es susu yang sudah di buka selama tiga hari tersebut?

      Lalu Mba Risna pergi ke dokter setelah kejadian tersebut kan? Semoga saat itu kondisinya segera membaik.

      Hapus
  5. saya baru buka segel susu UHT, belum expired, dan langsung saya minum (kehausan), ternyata susunya rusak (rasanya asam dan seperti tuak), saya buang ternyata warnanya seperti air kelapa dan menggumpal seperti daging kelapa di dasarnya. kalau sudah terminum, apakah ada efeknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya prihatin atas apa yang menimpa Mba Nisa, tapi jika susu tersebut belum expired kenapa rusak seperti itu..? atau (maaf ini aja anggapan saya saja) susu tersebut sudah expired tapi di beri label tanggal expired yang baru lagi.

      Namun siapapun yang mengalami hal seperti ini untuk jaga-jaga meminum air kelapa hijau murni dan menghubungi dokter segera.

      Hapus

Posting Komentar

17Agustus1945.blogspot.co.id tidak bertanggung jawab atas isi dari semua komentar yang ditulis pada blog ini.